Dilarang Sombong di “Zona Ilmu”

فصل
فى ماهية العلم، والفقه، وفضله

قال رسول الله صلى الله عليه وسلم: طلب العلم فريضة على كل مسلم ومسلمة
اعلم, بأنه لايفترض على كل مسلم، طلب كل علم وإنما يفترض عليه طلب علم الحال كما قال: وأفضل العلم علم الحال، وأفضل العمل حفظ الحال ويفترض على المسلم طلب ما يقع له فى حاله، فى أى حال كان، فإنه لابد له من الصلاة فيفترض عليه علم ما يقع له فى صلاته بقدر ما يؤدى به فرض الصلاة، ويجب عليه بقدر ما يؤدى به الواجب، لأن ما يتوسل به إلى إقامة الفرض يكون فرضا، وما يتوسل به إلى إقامة الواجب يكون واجبا

Rasulullah SAW bersabda, “Menuntut ilmu wajib bagi Muslim laki-laki dan Muslim perempuan”.
Perlu diketahui, bahwa setiap umat Islam tidak wajib mempelajari seluruh ilmu, melainkan diwajibkan mempelajari “ilmu Hal” (Ilmu Praktis). Sebagaimana seseorang mengatakan “ilmu yang paling utama adalah Ilmu Praktis. Dan perbuatan yang paling mulia adalah menjaga Hal (perilaku)”.
Dengan demikian wajib bagi umat Islam mempelajari sesuatu yang berkaitan dengan kekinian, dalam hal apapun juga. Oleh karena mereka wajib mendirikan shalat, maka mereka wajib mempelajari ilmu yang berkaitan dengan shalatnya, sekadar untuk melaksanakan fardhu-fardhu shalat. Juga wajib bagi mereka mempelajari wajib-wajib shalat sekadar untuk melaksanakan wajib-wajib shalat. Mengapa? Sebab segala sesuatu yang mengantarkan kepada yang fardhu maka hukumnya fardhu, dan setiap sesuatu yang memperantarai terlaksananya hal yang wajib, maka hukumnya wajib.

وكذا فى الصوم، والزكاة، إن كان له مال، والحج إن وجب عليه. وكذا فى البيوع إن كان يتجر. قيل لمحمد بن الحسن، رحمة الله عليه: لما لاتصنف كتابا فى الزهد؟ قال: قد صنفت كتابا فى البيوع، يعنى: الزاهد من يحترز عن الشبهات والمكروهات فى التجارات.
وكذلك فى سائر المعاملات والحرف، وكل من اشتغل بشيئ منها يفترض عليه علم التحرز عن الحرام فيه.

Begitupula wajib mempelajari ilmu tentang puasa, zakat (kalau dia memiliki harta), dan haji (jika ia sudah mampu). Demikian juga tentang jual-beli jika dia berdagang.

Muhammad Bin Al Hasan pernah ditanya mengapa beliau tidak menyusun kitab tentang zuhud, beliau menjawab, “aku sudah menyusun sebuah kitab tentang jual beli“. Maksud beliau, yang dikatakan zuhud ialah menjaga diri dari hal-hal yang syubhat (tidak jelas halal haramnya) dan yang dimakruhkan dalam berdagang.

Begitupula seluruh bidang mu’amalah (interaksi sosial, seperti perdagangan) dan profesi, tiap orang yang sibuk dengan tugas-tugasnya ini wajib mengetahui tata cara berdagang dalam Islam supaya dapat menjaga diri dari hal-hal yang diharamkan.

وكذلك يفترض عليه علم أحوال القلب من التوكل والإنابة والخشية والرضى، فإنه واقع فى جميع الأحوال.
وشرف العلم لايخفى على أحد إذ هو المختص بالإنسانية لأن جميع الخصال سوى العلم، يشترك فيها الإنسان وسائر الحيوانات: كالشجاعة والجراءة والقوة والجود والشفقة وغيرها سوى العلم.
وبه أظهر الله تعالى فضل آدم عليه السلام على الملائكة، وأمرهم بالسجود له.

Setiap orang Islam juga harus mengetahui ilmu-ilmu yang berkenaan dengan perihal batin/hati, misalnya tawakal, tobat, takut kepada Allah, dan ridha. Sebab, semua itu terjadi pada segala keadaan.

Tidak ada seorangpun yang meragukan akan pentingnya ilmu pengetahuan, karena ilmu itu khusus hanya dimiliki ummat manusia. Adapun selain ilmu, itu bisa dimiliki manusia dan bisa juga dimiliki binatang. Dengan ilmu pengetahuan, Allah ta’ala mengangkat derajat Nabi Adam a.s diatas para malaikat – dan karena itu pula malaikat diperintah oleh Allah agar sujud kepada Nabi Adam a.s.

وإنما شرف العلم بكونه وسيلة الى البر والتقوى، الذى يستحق بها المرء الكرامة عند الله، والسعادة والأبدية، كما قيل لمحمد بن الحسن رحمة الله عليهما شعرا:

Ilmu itu sangat penting karena ia sebagai media (perantara) untuk bertaqwa. Dengan taqwa inilah manusia menerima kedudukan terhormat disisi Allah, dan keuntungan yang abadi. Sebagaimana dikatakan Muhammad bin Al Hasan bin Abdullah dalam syairnya:

تعـلـم فــإن الـعلـم زيـن لأهــلــه وفــضـل وعــنـوان لـكـل مـــحامـد
وكــن مـستـفـيدا كـل يـوم زيـادة من العـلم واسـبح فى بحـور الفوائـد
تـفـقـه فإن الـفــقـه أفــضـل قائـد الى الــبر والتـقـوى وأعـدل قـاصـد
هو العلم الهادى الى سنن الهدى هو الحصن ينجى من جميع الشدائد
فـإن فـقيــهـا واحــدا مــتـورعــا أشـد عـلى الشـيطـان من ألـف عابد

Belajarlah! sebab ilmu adalah penghias bagi pemiliknya
# penuh keutamaan dan alamat orang-orang terpuji

Jadilah tiap hari menambah ilmu yang manfaat
# Dan berenanglah di samudera ilmu yang penuh manfaat

Belajar pula ilmu agama, karena ia adalah nakoda terbaik
# menuju kebajikan, taqwa, dan satu-satunya tujuan lurus

Dialah ilmu yang menunjukkan kepada jalan penuh petunjuk
# Dialah tameng yang melindungi dari segala marabahaya

Seorang ahli ilmu agama yang wara’
# lebih berat bagi syetan daripada menggoda seribu ahli ibadah yang bodoh

والعلم وسيلة إلى معرفة: الكبر، والتواضع، والألفة، والعفة، والأسراف، والتقتير، وغيرها) ، وكذلك فى سائر الأخلاق نحو الجود، والبخل، والجبن، والجراءة.
فإن الكبر، والبخل، والجبن، والإسراف حرام، ولايمكن التحرز عنها إلا بعلمها، وعلم ما يضادها، فيفترض على كل إنسان علمها.
وقد صنف السيد الإمام الأجل الأستاذ الشهيد ناصر الدين أبو القاسم كتابا فى الأخلاق ونعم ما صنف، فيجب على كل مسلم حفظها.

Ilmu juga media agar mengetahui kesombongan, kerendahhatian, kasih sayang, pandai jaga diri, pemboros, pelit, dan lain sebagainya. Begitupula dengan akhlak-akhlak lainnya seperti baik hati, pelit, pengecut, dan pemberani.
Sifat sombong, kikir, penakut, sikap boros, hukumnya haram. Tidak mungkin bisa menghindar dari sifat-sifat itu tanpa mengetahui kriteria sifat-sifat tersebut serta mengetahui cara menghilangkannya. Oleh karena itu setiap orang Islam wajib mengetahuinya.

Adalah As-Syahid Nasyiruddin telah menyusun kitab yang membahas tentang akhlak. Kitab tersebut sangat bermutu, dan perlu dibaca. Karena setiap orang Islam wajib memelihara akhlaknya. (bersambung).

(Alih bahasa: H. Taufiq Munir)

Satu pemikiran pada “Dilarang Sombong di “Zona Ilmu”

Tinggalkan komentar